Sabtu, 06 Maret 2010

HUTAN

Salah satu buku bergambar yang saya lihat waktu kecil adalah buku tentang hutan. Di sana digambarkan dan diterangangkan tentang hutan dan bagian-bagiannya.

Di buku itu diceritakan pada bagian bahwa tanaman yang biasanya tumbuh di sana adalah tanaman jenis paku-pakuan atau perdu. Dibagian tengah tanaman yang tumbuh semacam anggrek atau tanaman yang menempel dan atau punya akar yang menggantung. Sementara pohon besar bisa tumbuh tinggi mencapai kanopi atau bagian paling atas dari hutan.

Ada gambar pohon ek besar yang masih saya ingat, batangnya besar dan ada tanaman menjalar yang menempel , di akarnya tumbuh bunga dan jamur, ada serangga dan kumbang yang tinggal dan mencari makan di daun dan batangnya, seekor tupai juga tinggal dan mencari makan di situ. Tanaman dan binatang menjadikan pohon ek besar itu sebagai habitatnya.

Di halaman lain dari buku itu,ada gambar tentang hutan hujan yang lebat, hutan heterogen dan homogen, sabana dan stepa dan tanaman apa yang bisa tumbuh di sana.
Tanaman berbeda beda sesuai dengan ketinggian tempat dan iklim atau musim.

Diceritakan pada masa awal pembentukan, tanaman pertama adalah tanaman paku-pakuan. Dari tanaman itu berevolusi menjadi tanaman yang lebih rumit dan semakin beragam macamnya.
Selain itu juga tentang bagaimana tanaman-tanaman yang ada sekarang berkembang biak. Dandelion memakai bijinya yang berbulu untuk bisa tumbuh di tempat-temoat yang jauh dari tanaman induknya.

Selain hutan hujan yang tumbuhannya bermacam-macan, ada gambar tentang hutan pinus, yang masuk ke dalan kategori huta homogen. Biasanya pinus yang masuk jenis tanaman daun jarum lainnya tumbuh di tempat yang agak tinggi. Mampu bertahan di daerah dengan iklim subtropis, atau yang mempunyai empat musim.

Banyak hal lain tentang tanaman, binatang dan lainnya yang di ceritakan di buku itu, semoga hutan yang ada di bumi ini bisa terus ada, karenanya mari kita jaga bumi kita.
Dari sana saya banyak tahu tentang tanaman, selain itu karena bagian bergambar dari buku itu dilukiskan dengan cat air, saya juga jadi tertarik untuk bisa melukis dengan cat air untuk menceritakan sesuatu untuk anak-anak dan berharap merek juga masih bisa menikmatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar