Senin, 09 Agustus 2010

Talenta

Talenta adalah sesuatu yang Tuhan berikan pada manusia untuk membuat manusia saling melengkapi satu dengan yang lainnya.
Apakah talentamu?
Masing-masing talenta adalah unik, dan semuanya membuat manusia menjadi istimewa. Ada saat dimana saya terlalu sombong sampai tidak berpikir kalau orang yang saya temui juga pasti punya talenta. Sampai suatu saat orang itu memperlihatkannya dan saya langsung terpesona. Rasanya jadi membenci dan menyukai orang itu pada saat bersamaan, rasanya antara iri kagum dan ingin bisa sehebat dia. Karena itu saya suka melihat karya orang lain karena itu membuat saya panas dan berusaha lebih keras.
Kadang-kadang telenta yang dimiliki seseorang begitu hebat sampai dia disebut jenius. Tapi setiap pribadi tetap harus mengasah talentanya agar menjadi semakin hebat dan besar. Seseorang yang punya talenta hebat tapi tidak mengembangkannya bisa dikalahkan seorang yang talentanya tidak terlalu hebat tapi dia tetap berusaha dan belajar. Mungkin orang yang terus berusaha dengan keras juga bisa disebut jenius. Tentu saja ada kasus meskipun sudah berusaha keras orang biasa tetap tidak bisa mengalahkan orang jenius. Kalau yang seperti itu mungkin yang harus dilakukan adalah tetap mensyukuri apa yang dia punya saja.
Pak Mario Teguh bilang,
“ Seseorang yang mengeluhkan pendang pangjang ditangannya, akan dikalahkan orang yang memegang pisau belati.”
Saya rasa itu juga berlaku untuk talenta seseorang.
Sebenarnya saya pribadi merasa kalau saya diberi banyak, hanya saja saya karena saya kurang berusaha, dari banyak yang saya miliki itu semuanya hanya setengah-setengah.
Mungkin ada juga orang diluar sana yang seperti saya. Yang saya pikirkan sekarang adalah mencari satu dari beberapa talenta yang Tuhan berikan pada saya dan berusaha membuat itu menjadi hebat. Bagaimanapun saya tidak ingin Tuhan marah kerena saya tidak berusaha, jadi kesannya tidak bersyukur atas apa yang Dia hadiahkan pada saya.
Tuhan maafkan saya yang lambat ini, berikanlah karuniamu agar saya bisa mengubah diri saya menjadi pribadi yang lebih berusaha, pribadi yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar